command shell

Penjelasan tentang Command Shell :
- Suatu program yang menterjemahkan
                                                                     perintah.
- Mengijinkan user untuk mengeksekusi perintah   dengan cara mengetiknya secara manual di terminal atau secara otomatis pada program yang disebut sheel script.
- Shell bukan sistem operasi tetapi cara untuk terhubung dengan sistem operasi dan menjalankan perintah.

Nah, selanjutnya di bawah ini ada beberapa fungsi dari command shell. Mari coba pada terminal di linux anda masing-masing :

Fungsi di bawah ini dapat digunakan untuk mewakili jarak dari nilai, misal : [0-9], [a-z], dll


Mewakili karakter tunggal dalam nama file Contoh: m? dan Alat pemisah direktori,digunakan untuk memisahkan string dari nama direktori Contoh: /bin/m?



Disini kita membuat direktori/folder dengan nama 'coba', setelah itu masuk ke folder coba. Kita buat file dalam folder coba. Dengan mengetikkan " touch berkas [0-12].txt "yang berfungsi untuk mewakili jarak dan nilai. lalu lihat list nya command "ls"


Escape character. Jika anda menginginkan untuk menggunakan karakter spesial, anda harus “melepaskan” dengan garis miring terlebih dahulu. Contoh: touch /tmp/filename\*


Mewakili 0 atau banyak karakter dalam nama file, atau dengan sendirinya, semua file dalam direktoridengan menggunakan tanda *, lihat pada perintah-perintah di bawah ini :




 Command oparator. Memungkinkan anda untuk mengeksekusi banyak perintah dalam satu baris. Contoh: lihat pada gambar ini :


Perintah membuat dengan command "touch" lalu berkas bisa kita lakukan eksekusi banyak perintah dalam satu baris. dengan karakter";" dan  Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. dengan karakter ">"

Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > bukh.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat bukh.txt" mucul lah cal yang berati calender.  



Mengalihkan output dari suatu perintah menuju ke akhir dari suatu file yang sudah ada hampir sama dengan yg diatas. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > bukh.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat bukh.txt" mucul lah cal yang berati calender.  


Menampilkan konten dari file, dengan nomer baris. ketikkan command "cat -n namafile.txt"


Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah kedua jika perintah pertama dikerjakan tanpa ada error. Contoh :  ls /etc/passwd && echo "file password sudah ada".



Mengeksekusi suatu perintah di background, dan langsung mendapatkan shell anda kembali . seperti dibawah ini, ketikkan command "ls /etc/passwd & echo "file password sudah ada"..  


Ketika anda menemukan kebuntuan dan memerlukan bantuan dengan perintah perintah di Linux, bantuan biasanya hanya dengan beberapa kata kunci. seperti ingin mengetahui info list dalam linux. maka ketikkan command "info ls" dan akan muncul list seperti gambar ini :


Banyak perintah memiliki halaman “help” sederhana yang bisa dipanggil dengan special commands flags. Flags ini biasanya terlihat seperti “-h” atau “--help” Contoh: ls --help 


Pada perintah selanjutnya ini yaitu sumber terbaik untuk perintah yang paling lengkap dapat ditemukan pada halaman manual, dikenal dengan nama “man pages”. Untuk membaca halaman manual dari setiap perintah, cukup ketik “man program” 
Contoh: ketik "man man" manual mengenai cara menggunakan halaman manual :


Perintah dapat berjalan sendiri, atau anda dapat menambahkan argumen untuk membuatnya berbeda. ketikkan command "ls -l -color" menampilkan daftar file dengan output berwarna, lihat pada perintah di bawah ini :


 Perintah df di bawah ini adalah untuk menampilkan halaman informasi dari “df” dengan mengetikkan perintah 'info df'


Untuk mengetahui cara mengubah file permissions, anda dapat mencari halaman manual untuk kata “permission” 
seperti ini: "man -k permission"


Mungkin sampai disini saja sedikit penjelasan tentang perintah-perintah command shell yang saya ketahui, jika ada tambahan jangan sungkan-sungkan yah semua..semoga bermanfaat.



Comments

Popular Posts